Dit Reskrimum Polda Sultra Latihan Penerapan Diskresi Kepolisian

reskrimumTribratapoldasultra.com_Polda Sultra – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Sultra melaksanakan pelatihan simulasi diskresi kepolisian dengan melibatkan personel mulai dari reskrim, sabhara hingga lantas. Penindakan selektif yang dilakukan oleh Kepolisian adalah suatu bentuk diskresi dimana pimpinan selaku pembuat kebijakan menentukan prioritas bagi berbagai fungsinya. Misalnya adanya kebijakan untuk menindak pelaku kriminalitas curat, curas, curanmor.
Pelatihan tersebut mengusung tema melalui pelatihan penerapan diskresi kepolisian kita tingkatkan kemampuan personel Polda Sultra yang promoter dalam rangka penanggulangan tindak pidana dan pelanggaran di wilayah hukum Polda Sultra.
Pelatihan penerapan diskresi kepolisian dilanjutkan dengan simulasi dilapangan Mapolda Sultra. Deskresi merupakan kewenangan Kepolisian yang bersumber pada azas kewajiban umum dimana suatu asas yang memberikan kewenangan kepada pejabat kepolisian untuk bertindak atau tidak menurut penilaiannya sendiri untuk kewajiban menjaga, memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum.
Meski demikian dalam ilmu hukum ada syarat dalam melakukan deskresi diantaranya tindakan harus benar-benar diperlukan, tindakan yang diambil harus benar-benar untuk kepentingan tugas kepolisian dan tindakan yang paling tepat untuk mencapai sasaran yaitu hilangnya suatu gangguan atau tidak terjadinya sesuatu yang dikhawatirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *